Rasio Guru dengan Anak Didik PAUD dan Jumlah Jam Mengajar


Rasio atau perbandingan ideal bagi Guru TK dengan anak didiknya tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang seharusnya kita ketahui sejak awal berkaitan dengan Dapodik PAUD-Dikmas yang notabane pada jumlah siswa di dalam rombongan belajar/rombel dan cara input Jumlah Jam Mengajar/JJM Guru TK PAUD, KB dan sebagainya yang sederajat dengan itu.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menjadi payung hukum yang mengikat aturan Rasio dan JJM seorang Guru PAUD yang bisa kita sampaikan sebagai berikut :
  1. Lembaga TPA, anak didik yang berusia hingga 2 tahun yakni Tempat Penitipan Anak (TPA) yang rasio guru terhadap anak didik yang harus dipenuhi adalah rasio 1:4. Artinya satu orang guru melayani maksimal 4 orang anak didik.
  2. Anak didik usia 2-4 tahun yaitu Kelompok Berman (KB) maka rasio guru dan anak didik maksimal 1:8.
  3. Anak didik usia 4-6 tahun yaitu jenjang Taman Kanak Kanak (TK) maka rasio guru dan anak didik 1:15.

Sedangkan untuk Jumlah Jam Mengajar/JJM pada Dapodik PAUD-Dikmas dan ketentuan pada SK-SK yang berlaku menyangkut JJM Guru TK/PAUD adalah sebagai berikut :

  1. Untuk PAUD dengan anak didik berusia hingga 2 tahun, maka satu kali pertemuan minimal 12o menit. Pertemuan tersebut harus melibatkan orang tua dan frekuensi pertemuan minimal satu kali perminggu.
  2. PAUD dengan anak didik berusia 2-4 tahu, satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuannya minimal 2 kali perminggu.
  3. PAUD dengan anak didik berusia 4-6 tahun, satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal 5 kali perminggu


Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon