Inilah Penjelasan Singkat Guru Pembelajar




Guru Pembelajar merupakan sebuah komunitas kelompok kerja tempat para guru untuk mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan secara online atau disebut juga dalam jaringan (daring). Program Guru Pembelajar ini dapat memberikan kemudahan para guru untuk meningkatkan kompetensinya tanpa harus tatap muka dengan para mentor yang memberikan pelatihan hanya cukup menggunakan PC ataupun laptop yang terkoneksi dengan internet bahkan dapat juga melalui Hp Android. Guru akan bisa belajar dan mengikuti pelatihan secara online dari rumah, tapi tentunya si Guru tersebut telah melakukan regestrasi di situs resmi Guru Pembelajar yaitu http://sim.gurupembelajar.id




Beberapa hal yang perlu dipahami terkait dengan Program Guru Pembelajar ini Guru hendaknya mengetahui sebagai berikut :




  1. Istilah Guru Pembelajar atau disingkat dengan GP adalah sebutan kita sebagai guru yang kemudian disebut peserta. Guru pembelajar pada prinsipnya untuk pengembangan keprofesian harus berawal dari guru sendiri bukan dari luar guru atau dinas.
  2. Istilah Daring singkatan dari Dalam Jaringan, sebagai pengganti kata online.
  3. Istilah Luring yaitu Luar Jaringan, ini adalah sebagai pengganti istilah dari offline.
  4. Setiap Guru Pembelajar harus menyelesaikan Modul yang setara dengan 60 JP, 1 JP = 1 x 60 Menit, yang dapat diselesaikan sekitar 1,5 bulan. 60 JP setara dengan nilai 1 dalam Angka Kredit.
  5. Ada 10 Kompetensi yang harus dikuasai guru. Kompetensi yang "warna merah" yang harus diselesaikan oleh guru untuk "diklik" maka akan muncul modul yang harus dikerjakan.
  6. Ketentuan 10 Kompetensi yang "warna merah", adalah :
  • 8 - 10 :  Mengikuti Full Tatap Muka
  • 6 - 7   :  Mengikuti Kombinasi yang terdiri dari Daring dan Tatap Muka
  • 3 - 5   :  Mengikuti Daring
  • 0 - 2  :  Sebagai Pendamping

Untuk lebih jelasnya Bapak dan Ibu Guru sebagai Guru Pembelajar dapat mempelajarinya panduannya yang kami sediakan dibawah ini, silahkan untuk download secara gratis dengan klik judul bukunya :






Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon